Rabu, 04 Mei 2011

historiografi


Penulisan Sejarah Pada Zaman Romantik

            Ciri-ciri pada zaman ini adalah mulai munculnya perhatian kembali terhadap masa lampau Eropa pada abad pertengahan. Golongan romantic cenderung melihat masa lalu dengan rasa kagum dan simpati yang sama keadaannya dengan yang dirasakan oleh penganut paham kemanusiaan terhadap zaman purba Yunani-Romawi.
            Sejarah nasional muncul karena setiap bangsa mempunyai kebutuhan untuk mencari identitas yang khusus dan jasa perjuangan yang besar sebagai suatu bangsa agar dapat membedakan dengan bangsa lain. cirri-ciri historiografi abad XIX yaitu:
1)      Penghargaan kembali pada zaman pertengahan.
2)      Muncul filsafat sejarah.
3)      Muncul teori orang-orang besar.
4)      Timbulnya nasionalisme.
5)      Muncul liberalisme sebagai akibat revolusi inggris pada abad ke-17, revolusi amerika, perang kemerdekaan Prusia dan sevolusi tahun 1830 serta 1848. 
Tokoh yang lahir pada zaman Romantik.
a)         Johann Gottfried Herder
        Beliau punya jasa besar dalam mempelajari masalah sejarah dari sudut filsafat. Tulisan Herder dengan judul Ideen Zur Philosophie de Menschengeschichte terbit antara 1784-1791. herder percaya bahwa kemajuan sejarah itu tercapai berkat kerjasama antara faktor luar dan semangat yang subyektif.
b)                              Immanuel Kant
Immanuel Kant lahir di Konigsberg, Esay berjudul An Idea for a Universal History From the cosmopolitan point of view, terbit bulan November 1874. sejarah yang telah lalu merupakan paparan ketidakrasionalan manusia dan beliau mengharap akan wujudnya suatu Utopia bagi kehidupan yang rasional. Beliau juga menggabungkan sudut pandang sudut pandang zaman kesadaran dengan zaman romantic, seperti juga beliau menggabungkan rasionalisme dengan empirisme didalam ilmu pengetahuannya. Karyanya yang lain berjudul Fundamental Principles of the metaphysic of Morals.
c)                              Friedich Schiller
Schiller banyak dipengaruhi oleh pemikiran Kant, namun ada dua perbedaan : Kant menempatkan maklumat kemajuan pada kemakmuran dimasa yang akan dating, sedangkan Schiller menempatkannya pada zaman ini dan Kant membataskan tugas sejarah pada pengkajian terhadap evolusi politik ketika Schiller memusatkan kedalam sejarah tentang kesenian, agama, ekonomi.
d)                             Johann Gottlieb Fichte
Karyanya berjudul The Characteristic of the Present Age mengemukakan perbedaan antara sejarah dengan filsafat sejarah. Sudut pandang sejarah menurut Fichte ada dua hal, yaitu :
·            Idea bahwa keadaan dunia pada masa kini adalah sempurna,
·            Idea bahwa rangkaian sejarah bagi zaman-zaman itu boleh ditentukan secara apriori dengan merujuk pada pertimbangan-pertimbangan logic yang abstrak.
Karya yang lain dari Fichte adalah address to the German Nation. Buku ini memberi dorongan timbulnya nasionalisme Jerman.
e)                              Friedrich Wilhelm Joseph Scelling
Dalam bukunya System of Transcendental Idealism (1800), ada dua bidang yang dapat diketahui, yaitu alam dan sejarah. Alam adalah jiwa yang terbuka dan jiwa adalah alam yang tertutup sedangkan sejarah adalah realisasi dari Jiwa Yang Mutlak.
f)                               Georg Wilhelm Fredrich Hegel
Lahir  tahun 1770 di Stuttgart. Karya besarnya adalah Philosophy of History. Beliau mengusulkan suatu bentuk sejarah yang baru yang kemudian dikenal dengan falsafah sejarah. Hal-hal menarik dari pemikiran Hegel
·               Hegel enggan mendekati sejarah melalui alam.
·               Semua sejarah adalah sejarah pemikiran.
·               Tenaga yang merupakan tonggak loncatan yang utama bagi proses sejarah adalh itikad manusia.
·               Semua sejarah adalah sejarah pemikiran dan memaparkan perkembangan dari itikad manusia, proses sejarah pada dasarnya adalah suatu proses yang logis.
·               Sejarah itu berakhir pada masa kini dan tidak pada masa yang akan datang.
Beberapa karya Hegel yang lain : Asthetics, Philosophy of Religion dan History of Philosophy.

0 komentar:

Posting Komentar