LAPORAN INDIVIDU
KULIAH KERJA NYATA (KKN)
PROGRAM PENGABDIAN MASYARAKAT (PPM)
SEMESTER KHUSUS TAHUN 2009/2010
                                                                       LOKASI  34
DUSUN JAGALAN, DESA MARGODADI
KECAMATAN SEYEGAN, KABUPATEN SLEMAN
 DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
Disusun oleh :
Nama  :  E. Dwi Ningsih
NIM    :  07407141007
Prodi   :  Ilmu Sejarah
LEMBAGA PENGABDIAN MASYARAKAT
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
2010
PENGESAHAN
LAPORAN 
KULIAH KERJA NYATA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
PERIODE 1 JULI - 31 AGUSTUS 2010
DUSUN JAGALAN DESA MARGODADI KEC. SEYEGAN
KAB. SLEMAN
                               Nama               : E. Dwi Ningsih
                               NIM                 : 07407141007
                               Fak/Jurusan      : FISE/ILMU SEJARAH
Telah melaksanakan Kegiatan KKN di Dusun Jagalan, Desa Margodadi,  Kecamatan Seyegan, Kabupaten Sleman dari tanggal 1 Juli sampai dengan  31 Agustus 2010. Hasil kegiatan termasuk dalam naskah laporan ini.
                                                                               Sleman, 31 Agustus 2010
Kepala   Desa Margodadi  |    Kepala   Dusun Jagalan  |   
Subandi  |    Waryono   Hadi Siswanto  |   
Mengetahui,  |   |
Dosen   Pembimbing Lapangan  |   |
Sudaryanto, M.Si  |   |
NIP.   196804172000031001  |   |
KATA PENGANTAR
            Puji syukur saya panjatkan ke hadirat ALLAH SWT atas limpahan rahmat, taufik, dan hidayah-Nya kepada kita semua, sehingga program Kuliah Kerja Nyata semester khusus tahun 2010 di dusun Jagalan ini dapat terlaksana dan terselesaikan dengan baik.
Laporan KKN ini disusun sebagai bentuk pertanggungjawaban tertulis saya selama pelaksanaan KKN di dusun Jagalan pada khususnya dan desa Margodadi pada umumnya, dari tanggal 30 Juni sampai dengan 31 Agustus 2010. 
            Saya menyadari bahwa keberhasilan dan terlaksananya program-program yang telah saya laksanakan bukanlah keberhasilan individu maupun kelompok. Untuk itu, saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada :
- Orangtua      saya yang telah memberikan dukungan moral dan material
 
2.      Bapak Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., M.A selaku rektor UNY
3.      Prof. Dr. Burhan Nurgiantoro selaku Ketua LPM UNY
4.      Sudaryanto, M.Si. selaku Dosen Pembimbing Lapangan
5.      Camat Seyegan beserta stafnya          
- Bapak      Subandi, lurah Margodadi, beserta seluruh perangkat desa yang telah      membantu memperlancar program-program saya 
 - Bapak      Waryono Hadi Siswanto selaku kepala dukuh Jagalan atas segala bantuan dan      arahannya
 - Tokoh-tokoh      masyarakat dan warga masyarakat Jagalan yang telah bersedia menerima dan      membantu kami selama melaksanakan program KKN
 - Pemuda      Harapan Sapta (PHS) dusun Jagalan yang telah memberikan bantuannya demi      kelancaran program-program saya
 - Rekan-rekan      KKN satu kelompok yang telah membantu saya selama kegiatan berlangsung
 - Rekan-rekan      KKN dikelurahan Margodadi yang telah bersedia memberikan  bantuan dan sarannya kepada saya      sehingga program yang saya rencanakan berjalan dengan baik
 - Kawan-kawan      KKN yang berada di seluruh kecamatan Seyegan yang telah membantu program      saya
 - Tidak      lupa juga kepada semua pihak yang telah mendukung dan membantu pelaksanaan      KKN di Lokasi 34 yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu
 
Semoga itikad dan amal baik yang telah diberikan mendapatkan balasan dari  ALLAH SWT. Tak lupa saya haturkan maaf kepada semua pihak atas segala kesalahan dan kekurangan dalam melaksanakan program-program saya selama saya melaksanakan KKN di dusun Jagalan selama tak kurang dua bulan lamanya.
Pada akhirnya, saya berharap kegiatan KKN ini dapat berguna bagi masyarakat dusun Jagalan pada khususnya dan masyarakat desa Margodadi pada umumnya dalam mempercepat proses pembangunan masyarakat desa. Amin.
Sleman, 31 Agustus  2010
                                                                                               Penyusun
DAFTAR ISI
Halaman Judul  |    i  |   
Halaman Pengesahan  |    ii  |   
Kata Pengantar  |    iii  |   
Daftar Isi  |    v  |   
Abstrak  |    viii  |   
BAB I       PENDAHULUAN  |    1  |   
A. Analisis Situasi   |    2  |   
1.        Latar Belakang  |    2  |   
2.        Kondisi Alam dan Potensi Fisik  |    3  |   
3.        Kondisi Perekonomian  |    3  |   
4.        Kondisi Sosial Masyarakat  |    4  |   
5.        Kondisi Pemerintahan dan Kelembagaan (Aparatur Dusun)  |    4  |   
B.  Rumusan Program   Kerja Individu  |    4  |   
1.        Program Kerja   Kelompok  |    5  |   
2.        Program Kerja Kelompok   Tambahan  |    6  |   
3.        Program Kerja   Individu Utama  |    7  |   
4.        Program Kerja   Individu Penunjang  |    7  |   
5.        Program Kerja   Individu Tambahan  |    7  |   
6.        Program Kerja   Insidental Kelompok dan Individu  |    7  |   
BAB II     PEMBAHASAN & PELAKSANAAN PROGRAM  |    9  |   
A.      Program  Kerja Individu Utama  |    9  |   
1.        Bimbingan Belajar IPS     |    9  |   
B.        Program Kerja Individu Penunjang  |    10  |   
1.        Bimbingan Belajar   Bahasa Inggris  |    10  |   
2.        Posyandu  |    11  |   
3.        Pendidikan Anti   Korupsi  |    12  |   
4.        Training Bahasa Jawa  |    12  |   
5.        Pelatihan Bio Plastik  |    13  |   
C.       Program Individu   Tambahan  |    14  |   
1.        Piket Kelurahan  |    14  |   
2.        Wisata Sejarah  |    15  |   
D.      Program Insidental  |    15  |   
1.      Insidental Kelompok  |    16  |   
2.      Insidental Individu  |    17  |   
BAB III    PENUTUP  |    18  |   
A.       Kesimpulan  |    18  |   
B.       Saran  |    18  |   
DAFTAR PUSTAKA  |    21  |   
LAMPIRAN   |    22  |   
Matrik Program Kerja  |    |
Catatan Harian  |    |
Rekapitulasi Dana  |    |
Daftar Presensi   Bimbel IPS  |    |
Daftar Presensi Bimbel Bahasa Inggris  |    |
1.      Daftar Presensi Pendidikan Anti Korupsi  |    |
Daftar Presensi Training Bahasa Jawa  |    |
Materi Training Bahasa Jawa  |    |
Foto - Foto Kegiatan  |    
ABSTRAK
Kuliah Kerja Nyata UNY Lokasi 34
DUSUN JAGALAN
DESA MARGODADI, KECAMATAN SEYEGAN
KABUPATEN SLEMAN
Oleh : 
E. Dwi Ningsih
07407141007
 Setelah mengadakan pengamatan langsung di dusun Jagalan tidak banyak permasalahan yang dialami oleh warga dusun Jagalan desa Margodadi Kecamatan Seyegan Kabupaten Sleman. Berdasarkan data yang diperoleh,  dusun Jagalan terbagi dalam empat RT dan dua RW yaitu RT 1, 2, 3 dan 4 dan RW 13 dan 14.
Sebagian besar penduduknya memeluk agama Islam. Penduduk dusun Jagalan  mayoritas berprofesi  sebagai petani/ pekebun, peternak dan karyawan swasta. Namun, ada juga beberapa yang bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS). Keadaan masyarakat Jagalan yang berprofesi sebagai peternak mayoritas merupakan peternak sapi pedaging. Bahkan limbah dari peternakan tidak hanya dimanfaatkan untuk Bio Gas tetapi juga sebagai pupuk Kompos. Bio Gas milik kelompok ternak ”Suro Dadi” telah dijadikan percontohan Bio Gas tidak hanya tingkat desa namun juga tingkat nasional.
Dari penelitian diperoleh hasil bahwa masyarakat Jagalan telah maju di bidang peternakan, namun tidak ada salahnya jika ditambahkan pengetahuan lain khususnya untuk anak-anak di dusun Jagalan. Untuk itu saya coba merancang program selama dua bulan yang terbagi dalam dua klasifikasi program yaitu program utama dan program penunjang. Program utama yaitu Bimbingan Belajar IPS, diharapkan para siswa lebih mudah menyerap materi yang diberikan di sekolah, menambah minat belajar siswa. Selain itu membuat mata pelajaran IPS lebih mudah dan menyenangkan sehingga menjadi mata pelajaran favorit. Sedangkan untuk program penunjangnya adakan program bimbingan belajar Bahasa Inggris, Posyandu, Pendidikan Anti Korupsi, Training Bahasa Jawa, Pelatihan Bio Plastik ada juga program tambahan, yaitu program yang baru muncul setelah program utama dan benunjang dijhalankan. Program tersebut adalah Wisata Sejarah. 
Dari kegiatan-kegiatan yang saya laksanakan, hampir seluruhnya mendapatkan sambutan yang positif dari warga terutama oleh anak-anak karena program yang diadakan dirasa sangat tepat dalam menunjang kegiatan yang ada di dusun Jagalan. Secara garis besar pelaksanaan program individu dalam KKN di dusun Jagalan, desa Margodadi, Seyegan, Sleman  ini berjalan dengan baik dan tidak mengalami masalah yang cukup serius.
BAB I
PENDAHULUAN
Kuliah Kerja Nyata Program Pengabdian Masyarakat ( KKN PPM ) merupakan salah satu perwujudan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian masyarakat. Pengabdian merupakan suatu wujud kristalisasi dan integralisasi dari ilmu yang tertuang secara teoritis di bangku kuliah untuk diterapkan secara nyata dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat, sehingga ilmu yang diperoleh dapat diaplikasikan dan dikembangkan dalam kehidupan masyarakat luas.
 KKN bagi mahasiswa diharapkan dapat menjadi suatu pengalaman belajar yang baru untuk menambah pengetahuan, kemampuan, dan kesadaran  hidup bermasyarakat. Bagi masyarakat, kehadiran mahasiswa diharapkan mampu memberikan motivasi dan inovasi dalam bidang sosial kemasyarakatan. Hal ini selaras dengan fungsi perguruan tinggi sebagai jembatan ( komunikasi ) dalam proses pembangunan dan penerapan IPTEK pada khususnya.
Tujuan utama dari Kuliah Kerja Nyata adalah memacu pembangunan masyarakat dengan menumbuhkan motivasi kekuatan sendiri, mempersiapkan kader-kader pembangunan (stock holder) serta sebagai agen perubah (agen of change). Tujuan utama lainnya adalah agar mahasiswa memperoleh pengalaman belajar yang berharga melalui keterlibatannya dalam masyarakat, dan secara langsung dapat menemukan, mengidentifikasi, merumuskan, serta memecahkan permasalahan dalam kehidupan bermasyarakat secara interdisipliner, komphrehensif, dan lintas sektoral.  Berdasarkan  hal diatas, Kuliah Kerja Nyata UNY 2010 sebagai bentuk aplikasi keilmuan yang dimiliki mahasiswa terhadap masyarakat dalam mengembangkan kompetensinya, diharapkan sudah selayaknya siap untuk menghadapi tantangan yang sedang berkembang pada era globalisasai seperti sekarang  ini.
Kuliah Kerja Nyata mempunyai empat kelompok sasaran, yaitu mahasiswa, masyarakat, pemerintah daerah, dan  perguruan tinggi. Bagi mahasiswa Kuliah Kerja Nyata mempunyai sasaran untuk membina mahasiswa agar menjadi motivator dan inovator. Sasaran bagi masyarakat dan Pemda adalah untuk memperoleh bantuan pemikiran, tenaga, serta IPTEK dalam merencanakan dan melaksanakan pembangunan. Sasaran bagi perguruan tinggi adalah untuk memperoleh umpan balik sebagai hasil pengintegrasian mahasiswa dalam masyarakat, sehingga kurikulum perguruan tinggi dapat disesuaikan dengan kondisi masyarakat yang diwakili oleh PEMDA yang terkait. 
A.  ANALISIS SITUASI
Dusun Jagalan merupakan salah satu dusun di Desa Margodadi, Kecamatan Seyegan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Dusun Jagalam berbatasan langsung dengan dusun-dusun lain di sekitarnya, yakni sebelah utara dusun Mlandri, sebelah Selatan dusun Kurahan, barat dusun Mbolu dan timur dengan dusun Japanan.
Sebagian besar penduduk Jagalan berprofesi sebagai petani. Hal itu sesuai dengan keadaan alam yang wilayahnya banyak terdapat sawah. Jumlah warga di dusun Jagalan ini ada sekitar 500 yang terdiri dari 152 kepala keluarga, yang terbagi atas empat RT dan dua RW yaitu RT 1, 2, 3 dan 4 dan RW 13 dan 14.
Organisasi manyarakat di dusun Jagalan antara lain RT, RW, paguyuban ronda, sanggar tari, PKK, kelompok ternak dan Karangtaruna (organisasi kepemudaan). Sedangkan sebagian masyarakatnya menganut agama Islam.
Terdapat berbagai permasalahan pokok di dusun Jagalan ini yang perlu mendapat perhatian maupun bantuan agar masalah-masalah tersebut dapat diatasi demi mewujudkan desa yang mandiri dan memiliki daya saing yang tinggi.
1.      Latar Belakang
Ø  Letak Dusun Jagalan
Dusun Jagalan, merupakan sebuah Dusun dengan lokasi yang cukup strategis. Dusun tersebut berada di wilayah Desa Margodadi, Kecamatan Seyegan, Kabupaten sleman, dengan batas – batas wilayah sebagai berikut:
1.      Sebelah Utara                    : Dusun Mlandri
2.      Sebelah Selatan                 :  Dusun Kurahan
3.      Sebelah Barat                    :  Dusun Mbolu
4.      Sebelah Timur                   :  Dusun Japanan
Ø  Aksesibilitas
Luas areal yang sedemikian itu terbagi menjadi 4 Rukun Tetangga ( RT ), yaitu RT. 01, RT. 02, RT 03 dan RT 04.
Jumlah penduduk Dusun Jagalan secara keseluruhan  ± 454 dengan jumlah Kepala Keluarga (KK)  ± 151.
2.      Kondisi Alam dan Potensi Fisik 
Dari uraian sebelumnya, bahwa Dusun Jagalan adalah  memiliki lahan pertanian yang cukup luas. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya petani sebagai mata pencaharian utama. Hampir sebagian besar bagian Dusun Jagalan dikelilingi oleh sawah dan lahan palawija.
3.      Kondisi Perekonomian
            Mata pencaharian penduduk dusun Jagalan sebagian besar adalah petani, peternak, namun ada beberapa warga yang berprofesi sebagai PNS dan Pegawai swasta.
4.      Kondisi Sosial Masyarakat  
Ø  Agama
Penduduk di Dusun Jagalan mayoritas beragama  Islam. 
Jumlah sarana ibadah sebagai berikut :
Masjid             : 1 buah
Gereja              : -
Ø  Pendidikan
Dusun Jagalan khususnya belum terdapat sarana pendidikan formal. 
Ø  Kesehatan
Sarana dan prasarana di bidang kesehatan di Dusun Jagalan adalah  Pos Pelayanan            Terpadu (POSYANDU).
Ø  Kesenian dan Olahraga
            Jenis kesenian yang ada di Dusun Jagalan terdiri dari : 
1.      Kesenian Tari
Ø  Organisasi yang berkembang
Organisasi kemasyarakatan yang berkembang di dusun Jagalan adalah RT, RW, PKK, Posyandu, Kelompok Pertanian, Perikanan, Peternakan “Suro Dadi” dan Organisasi Kepemudaan ”PHS”.
            Adapun sarana olahraga yang ada terdiri dari :
1.      Lapangan Badminton  dan volly :  1 buah
5.      Kondisi Pemerintahan dan Kelembagaan (Aparatur Dusun)
Pemerintahan Dusun Jagalan berjalan lancar berkat kerjasama yang baik antara lembaga dengan  masyarakat. Susunan aparat pemerintahan Dusun  Jagalan sudah memenuhi standar.  Adanya LPMD (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa), Karang Taruna “PHS”, kelompok ternak “Suro Dadi“, Kelompok Tani, PKK, dan TPA (Taman Pendidikan Al Qur’an) mencerminkan sebuah pemerintahan dusun yang terorganisir. Selain itu adanya pertemuan  rutin antar warga menunjukkan pula adanya hubungan dan komunikasi antara masyarakat yang berjalan dengan baik.
B. PERUMUSAN PROGRAM KERJA INDIVIDU
Berdasarkan analisis situasi tersebut maka kami dapat merumuskan rancangan program kerja yang akan dilaksanakan selama KKN berlangsung dalam berbagai sektor bidang. Dalam perumusan  program  kerja ini kami mengacu pada hasil observasi yang telah dilaksanakan sehingga program yang akan dilaksanakan nantinya dapat disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat ( sesuai situasi dan kondisi ). Rincian Program Kerja KKN di Dusun Jagalan adalah sebagai berikut :
1.      PROGRAM KERJA KELOMPOK
No.  |    NAMA PROGRAM  |    DESKRIPSI  |    PJ  |   
1  |    PERBAIKAN ADMINISTRASI DUSUN  |    Melengkapi administrasi dusun, membantu kegiatan dusun, dan mendukung   kemajuan dusun  |    Erma Nur Hidayati  |   
2  |    KERJA BAKTI MEMBERSIHKAN JALAN UTAMA  |    Membantu penduduk desa dalam kerja bakti membersihkan desa  |    Ricko Andhika Putra  |   
3  |    PENAMBAHAN BUKU PERPUS  |    Membantu pengadaan buku di   perpustakaan desa sekaligus memotivasi masyarakat desa untuk gemar membaca.  |    Fariz Fahmi  |   
4  |    PERBAIKAN JALAN DUSUN  |    Memberikan bantuan kepada   masyarakat dusun Jagalan mengenai penindaklanjutan jalan desa.  |    Syarif Hidayat dan Ricko Andhika Putra  |   
5  |    PENAMBAHAN PERLENGKAPAN SARANA MASJID  |    Penambahan dan perbaikan sarana   dan prasarana masjid  |    Intan Imawati  |   
6  |    SOSIALISASI WARGA  |    Menginformasikan Progam kerja KKN kepada warga   dan untuk mengakrabkan antar warga dengan mahasiswa KKN  |    Syarif Hidayat  |   
7  |    PELAYANAN KESEHATAN  |    Memberikan penyuluhan dan pelayanan kesehatan  |    Erma Nur Hidayati  |   
8  |    PEMBINAAN TPA  |    Mengadakan bimbingan baca Iqro dan Al Qur’an dan   bimbingan   menulis tulisan arab.  |    Fikri Y.  |   
9  |    PERINGATAN ISRA MI’RAJ  |    Memperingati hari besar Islam Isra’ Mi’raj  |    Eko Dwi N.  |   
10  |    PENYULUHAN TERNAH DAN PETERNAK SEHAT  |    Penyuluhan ternak dan peternak sehat pada   kelompok ternak Suro Dadi Jagalan  |    Erma Nur Hidayati  |   
11  |    LOMBA HUT KEMERDAKAAN RI  |    Memeriahkan HUT RI ke 65 sekaligus mengakrabkan mahasiswa KKN   dengan masyarakat  |    Sri H. Fikri Y  |   
12  |    PENTAS HUT RI  |    Ajang kemampuan, kreativitas, dan ketrampilan anak-anak, pemuda   dan organisasi masyarakat.  |    Sri H.  |   
13  |    TIRAKATAN  |    Merenungkan arti kemerdekaan dari segi  sekaligus mengakrabkan mahasisawa KKN   dengan masyarakat dusun Jagalan  |    Erma Nur Hidayati  |   
14  |    PEMBINAAN KOPERASI  |    Memberikan penyuluhan dan   memberikan bimbingan mengenai pentingnya Koperasi  |    Anggy J. Q.  |   
2.      PROGRAM KERJA KELOMPOK TAMBAHAN
No.  |    NAMA PROGRAM  |    DESKRIPSI  |    PJ  |   
1  |    PLANGISASI  |    Membuat plang yang menunjukkan kea rah posko KKN UNY kelompok 34  |    |
2  |    KEGIATAN RAMADHAN  |    Pelaksanaan kediatan ramadhan berupa TPA, buka bersama, tadarus,   tarawih dan pengajian  |    |
3  |    POLISI SAHABAT ANAK  |    kegiatan kerjasama antara Polda dengan KKN yang ada di Seyegan   berupa pengenalan rambu-rambu lalu lintas dan pengenalan helm SNI serta SIM  |    
3.      PROGRAM KERJA INDIVIDU UTAMA
a.    Bimbingan belajar IPS
4.      PROGRAM KERJA INDIVIDU PENUNJANG
b.   Bimbingan belajar bahasa Inggris
c.    Posyandu
d.   Pendidikan anti korupsi
e.    Training bahasa jawa
f.     Pelatihan Bio Plastik
5.      PROGRAM KERJA INDIVIDU TAMBAHAN
a.    Piket Kelurahan
b.   Wisata Sejarah
6.      PROGRAM KEGIATAN INSIDENTAL
a.   Insidental Kelompok
1.      Upacara penerimaan
2.      Koordinasi dengan warga
3.      Koordinasi dengan kelompok
4.      Monitoring DPL
5.      Upacara 17 Agustus
6.      Perpisahan KKN
b.   Insidental Individu
1.      Tahlilan/Pengajian
2.      Nyebar undangan
3.      Membuat Proposal
BAB II
PEMBAHASAN DAN PELAKSANAAN PROGRAM
               Program-program yang sudah dirancang dan direncanakan pada waktu observasi telah dilaksanakan dengan hasil yang cukup memuaskan, tetapi ada juga program yang hasilnya kurang dari apa yang diharapkan. Hasil dari program kerja tersebut rinciannya sebagai berikut :
A.                   PROGRAM KERJA INDIVIDU UTAMA
              Program kerja utama yang dibentuk sesuai dengan perencanaan awal dari hasil survei ketempat lokasi dengan melihat, dan memperhatikan serta meminta masukan, saran dan berbagai pertimbangan dari  bapak kapala dusun, tokoh masyarakat dan warga dusun Jagalan serta teman-teman kelompok sesuai dengan kebutuhan dan kondisi lingkungan.
      Program tersebut yaitu: 
1.      Nama Kegiatan :  Bimbingan Belajar IPS
Membantu siswa dan siswi SD , SMP Desa Jagalan dalam tercapainya penyesuaian akademis   sehingga dapat mengembangkan potensinya secara optimal.  |   |
Meningkatkan pemahaman dan   kesadaran  akan pentingnya belajar dan   manfaat pendidikan sejak usia dini  |   |
Siswa dan siswi SD dan SMP  |   |
Setiap Sabtu mulai Minggu   ke 3  |   |
Rp. 6.000  |   |
Sponsor  |   |
30 anak  |   |
Ø  Mengisi materi mata pelajaran sesuai   dengan kompetensi pengajar (mahasiswa KKN) Ø  Pelatihan soal  Ø  Mengerjakan tugas yang diberikan oleh   sekolah masing – masing siswa.  |   |
B.                                         PROGRAM KERJA INDIVIDU PENUNJANG
Program kerja individu yang dibentuk atau dikerjakan untuk mendukung program individu utama dan insidental (tambahan), sehingga dalam program individu satu dengan yang lain dapat sinergi dan saling melengkapi. Program tersebut antara lain :
1.      Nama Kegiatan : Bimbingan belajar bahasa Inggris
Membantu siswa dan siswi SD , SMP Desa Jagalan dalam tercapainya penyesuaian akademis   sehingga dapat mengembangkan potensinya secara optimal.  |   |
Meningkatkan pemahaman dan   kesadaran  akan pentingnya belajar dan   manfaat pendidikan sejak usia dini  |   |
Siswa dan siswi SD dan SMP  |   |
Setiap Selasa mulai   Minggu ke 3 bulan Juli  |   |
Senin dan Selasa (pukul 18.00 & 19.30) mulai Minggu ke 2 bulan Juli  |   |
Ø  Mengisi materi mata pelajaran sesuai   dengan kompetensi pengajar (mahasiswa KKN) Ø  Pelatihan soal Ø  Mengerjakan tugas yang diberikan oleh   sekolah masing – masing siswa.  |   |
2.     Nama kegiatan : Posyandu
Menurunkan Angka Kematian Bayi (AKB) melalui pemantauan Berat   badan, tinggi badan, dan lingkar kepala sehingga dapat terdeteksi sejak dini. Menambah asupan gizi dan vitamin yang diperlukan oleh balita Memberikan penyuluhan tentang asupan gizi serta cara pemberian ASI   yang baik.  |   |
Perkembangan setiap balita dapat   dipanatau dan selalu dicatat  |   |
23 Juli dan 23 Agustus  |   |
23 Juli dan 23 Agustus (Pukul 15.00-17.00)  |   |
Mencatat berat   badan, tinggi badan dan lingkar kepala serta memberi asupan Gizi berupa buah  |   |
Peserta posyandu mendapat   tambahan gizi berupa pemberian buah pisang dan pemberian vitamin A, dan para   ibu memperoleh informasi tentang cara pemberian ASI yang baik serta informasi   mengenai makanan tambahan yang sehat dan bergizi.  |   
3.     Nama kegiatan : Pendidikan Anti Korupsi
Pengenalan tentang 9 nilai anti Korupsi pada anak  |   |
Meningkatkan kesadaran dan pentingnya   menjauhakan diri dari korupsi  |   |
25 Juli 2010  |   |
12 Agustus 2010  |   |
Ø    Pengenalan 9 nilai pokok anti korupsi Ø    Diskusi bersama Ø    Nonton video dampak korupsi, warung kejujuran dan snapshot koruptor  |   |
Telah disampaikan materi   mengenai 9 nilai anti korupsi dan peserta bisa menerapkannya di dalam   kehidupan sehari-hari.  |   
4.     Nama kegiatan : Training Bahasa Jawa
Melatih dan mengembangkan pranata adicara kepada masyarakat Desa   Jagalan yang membutuhkan.  |   |
Menumbuhkan kesadaran akan pentingnya   mempelajari dan menggunakan Bahasa Jawa  |   |
Setiap Rabu, pukul 18.30-22.00 mulai Minggu ke 3 – 5 bulan Juli  |   |
Setiap Rabu, pukul 18.30-22.00 mulai Minggu ke 3 – 5 bulan Juli  |   |
Pemberian   materi dan praktek membawakan Pranata Adicara  |   |
Meningkatnya minat para pemuda   untuk lebih mempelajari bahasa Jawa Kromo Inggil dan mereka termotivasi untuk   berlatih menjadi pranata adicara bahasa Jawa.  |   
5.     Nama kegiatan : Pelatihan Bio Plastik
Membuat kerajinan dari bahan kimia   dengan objek makhluk hidup  |   |
Meningkatkan kreatifitas seni masyarakat dan pemanfaatan Sumber   Daya Alam di Dusun Jagalan  |   |
3 dan 10 Agustus 2010  |   |
Minggu, 15 Agustus 2010  |   |
Membuat   kerajinan berupa mengawetkan makhluk hidup dengan menggunakan bahan bahan   kimia  |   |
Menambah ilmu tentang   pemanfaantan SDA untuk dijadikan aksesoris dan anak-anak lebih peduli   terhadap alam dan menjadikannya sebagai sarana kreatifitas.  |   
C.                                 PROGRAM INDIVIDU TAMBAHAN
Program individu tambahan muncul ketika program utama dan pendukung sudah berjalan. Program ini berasal dari kelurahan dan KKN Ilmu Sejarah di Seyegan. Program tersebut antara lain :
1.     Piket kelurahan
Membantu mencatat administrasi berupa   pembuatan surat pengantar SKCK, pembuatan KTP dan Akta kelahiran  |   |
Dapat mengetahui bagaimana cara mencari   surat pengantar CKCK, surat pengantar pembuatan KTP dan Akta kelahiran  |   |
-  |   |
12 Juli 2010 (08.00 - 11.00) 15 Juli 2010 (08.00 - 11.00) 23 Juli 2010 (08.00 - 11.00) 9 Agustus 2010 (08.00 - 11.00) 16 Agustus 2010 (11.00 - 14.00)  |   |
Mencatat dan   mengisi blangko surat pengantar  |   |
2.     Wisata Sejarah
Memperkenalkan tempat-tempat wisata   sejarah kepada anak-anak SD  |   |
Menambah pengetahuan dan wawasan   anak-anak terhadap tempat-tempat wisata sejarah di Yogyakarta  |   |
Minggu, 15 Agustus 2010 (Pukul 07.00-15.00)  |   |
Minggu, 15 Agustus 2010 (Pukul 06.30-13.00)  |   |
Jalan-jalan dan   memperkenalkan sejarah pada anak-anak  |   |
D.                      PROGRAM  KEGIATAN INSIDENTAL
Beberapa kegiatan insidental yang pernah dilakukan oleh mahasiswa selama masa KKN di Dusun Jagalan antara lain : Yasinan/pengajian, nyebar undangan dan buat proposal. Kegiatan ini adalah kegiatan yang ada karena kebutuhan masyarakat pada waktu itu, sehingga waktu pelaksanaannya sangat mendadak (insidental) : 
1.      Insidental Kelompok
Tanggal  |    Nama Kegiatan  |    Deskripsi  Pelaksanaan  |   
1, 5 Juli 2010  |    Upacara Penerimaan  |    Upacara penerimaan dikelurahan dan di kecamatan.   Sebagi tanda bahwa KKN UNY 2010 telah diterima di untuk KKN di dusun-dusun   yang ada di Kecamatan Seyegan.  |   
3, 4, 6, 7, 9, 13, 15 Juli dan 10   Agustus 2010  |    Koordinasi   Dengan Warga  |    Koordinasi dengan kepala Dusun dan pihak-pikhak   yang terkait untuk membahas program yang akan dilaksanakan. Silaturahmi   dengan masyarakat Jagalan atau untuk membicarakan program kerja, misalnya   kerumah Pak Ngadiyono untuk membahas penindaklanjutan bantuan jalan,   koordinasi dengan Pak Sucipto untuk membahas program ternak dan peternak   sehat. Selain itu juga koordinasi dengan takmir Masjid Al Fatah untuk   mendiskusikan kegiatan TPA dusun Jagalan.  |   
2, 13, 15, 16, 19, 20, 25 Juli dan 1, 9   Agustus 2010  |    Koordinasi kelompok  |    Koordinasi dengan anggota kelompok untuk   membahas program kerja dan evaluasi setiap kegiatan yang telah dilaksanakan.  |   
7, 15 Juli dan 7, 19 Agustus 2010  |    Monitoring DPL  |    Monitoring dari DPL untuk membahas kelancaran   program kerja, baik hambatan maupun cara menanggulanginya dan sebagai   mediator antara KKN dengan LPM.  |   
17 agustus 2010  |    Upacara 17 Agustus  |    Mengikuti upacara 17 Agustus di lapangan Margomulyo.  |   
30 Agustus 2010  |    Perpisahan KKN  |    Perpisahan KKN dengan masyarakat dusun Jagalan.  |   
2.      Insidental Individu
Tanggal  |    Nama Kegiatan  |    Deskripsi  Pelaksanaan  |   
30, 1, 2, 3, 8 Juli 2010  |    Yasinan/pengajian  |    Yasinan dan tahlilan meninggalnya adik Pak dukuh   yang berada di Jakarta, mengikuti pengajian rutin setiap malam Minggu Pon dan   yasinan rutin di Masjid Al Fatah dusun Jagalan setiap Kamis malam.  |   
6 Juli 2010  |    Nyebar   Undangan  |    Menyebarkan undangan untuk masyarakat dusun   Jagalan untuk mengikuti sosialisasi proker untuk PKK dan pembinaan koperasi   di dusun Jagalan, serta pendataan anak-anak dusun Jagalan yang akan mengikuti   kegiatan TPA dan bimbel.  |   
7, 30 Juli dan 6 dan 14 Juli 2010  |    Buat Proposal  |    Membantu Pak Slamet uuntuk membuatkan Proposal   untuk TPA dan proposal sinoman.   |   
BAB III
PENUTUP
A.   Kesimpulan
            Berdasarkan  uraian pelaksanaan program kerja KKN UNY  Semester Khusus tahun 2009/ 2010  di lokasi 34 yang diselenggarakan pada tanggal 30 Juni sampai tanggal 31 Agustus 2010 di Dusun Jagalan, Desa Margodadi , Kecamatan Seyegan, Kabupaten Sleman, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut :
Ø  Kegiatan / program fisik dapat terlaksana cukup baik, beberapa program fisik 75 %  terselesaikan sisanya akan dilanjutkan oleh masyarakat setelah KKN berakhir. Bantuan dana sebagian dari sponsor, mahasiswa KKN dan dari masyarakat. Program  ini dilaksanakan bersama-sama antara mahasiswa dengan masyarakat. 
Ø  Kegiatan / program  non fisik terlaksana dengan baik, program berupa penyadaran, pendampingan dan penyuluhan kepada masyarakat memerlukan proses yang cukup lama. Dari mulai sosialisasi sampai pelaksanaan. Target secara kualitas tercapai, namun secara kuantitas beberapa program masih cukup jauh dari harapan.
B.   Saran
Untuk Mahasiswa
Ø  Perlu adanya koordinasi dan kerjasama yang baik antar individu dan kelompok, sehingga program kerja dapat berjalan dengan baik dan lancar.
Ø  Setiap individu harus mempunyai niat dan tujuan yang baik, rasa ikhlas, tanggung jawab yang besar, sehingga perlu adanya kesiapan secara fisik, mental, emosional dan dana yang cukup agar KKN tersebut dapat berjalan dengan lancar dan baik.
Ø  Mahasiswa harus dapat mengelola waktu yang dimiliki selama KKN dengan sebaik-baiknya.
Untuk Pemerintahan Desa dan Masyarakat
Ø  Menghilangkan persepsi bahwa mahasiswa KKN adalah sebagai penyandang dana (donatur), melainkan sebagai motivator, mediator dan dinamisator.
Ø  Berpartisipasi akitif dalam setiap kegiatan yang KKN adakan.
Ø  Meningkatkan semangat dalam mencari ilmu dimanapun, kapanpun, dan kepada siapapun.
Untuk Pemerintah Daerah
Ø  Dukungan pihak Pemerintah Daerah terhadap adanya mahasiswa KKN hendaknya ditingkatkan lagi dalam bentuk bantuan materiil maupun non materiil.
Ø  Ada follow up (tindak lanjut) dari Pemerintahan Daerah Sleman terhadap beberapa program-program KKN yang telah diselenggarakan berupa pendampingan.
Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) UNY
Ø  Adanya persiapan yang matang serta adanya  pelatihan dan praktek kerja lapangan.
Ø  Sebagai fasilitator mahasiswa dalam pendampingan terhadap program KKN, diharapkan lebih sering turun ke lapangan saat program berlangsung.
Ø  Melebarkan sayapnya dalam membangun jaringan  dengan beberapa instansi swasta yang dapat mendukung program KKN, tidak terbatas kepada Pemerintahan Daerah Sleman saja.
DAFTAR PUSTAKA
Tim penulis. 2010. Kumpulan Makalah Pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN) UNY. Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat : UNY
Tim penulis. 2010. Panduan Kuliah Kerja Nyata Universitas negeri Yogyakarta. Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat : UNY
DAFTAR LAMPIRAN
1.      Matrik Program Kerja
2.      Catatan Harian
3.      Rekapitulasi Dana
4.      Daftar Presensi Bimbel IPS 
5.      Daftar Presensi Bimbel Bahasa Inggris
6.      Daftar Presensi Pendidikan Anti Korupsi
7.      Daftar Presensi Training Jawa
8.      Materi Training Bahasa Jawa
9.      Foto - Foto Kegiatan
2 komentar:
mbak/mas anak UNY angkatan berapa? saya mahasiswa UNY ilmu sejarah angkatan 2009, mau minta ijin lihat dan cari inspirasi proker KKN, terima kasih
Terima kasih artikelnya, salam kenal dari BLOG SEKOLAH ANAK ISLAM juga Kabar Guru dan Pendidikan, Hukum Islam tentang Poligami, Kontrversi Nikah Mutah, Artikel Ramadhan Membawa Berkah, Materi Pembelajaran PAUD, Seputar Opini Pendidikan Islam dan banyak yang lain. Inilah rangkuman isi Blog Sekolah Anak Islam spesial untuk saudara semua...
Posting Komentar